Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Maldini & Muchlis Sepakat Pelatih Coret yang Bertingkah

 Timnas Indonesia U-19.(foto:Tarmuji Talamcsi/SINDO)
 http://bola.okezone.com/read/2013/11/04/51/891593/maldini-muchlis-sepakat-pelatih-coret-yang-bertingkah
Badan Tim Nasional akhirnya merilis 40 nama pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan di Batu, Malang mulai 9 November. Pelatih Indra Sjafri pun mulai mewanti-wanti para pemain untuk bekerja keras, dan tak banyak ‘tingkah’ jika tidak mau dicoret.


Setelah tampil sebagai juara di Piala AFF U-19 2013, dan menyabet kemenangan berturut-turut saat kualifikasi Piala Asia U-19 2014, termasuk menang lawan tim tangguh Korea Selatan, tim binaan Indra Sjafri ini banjir pujian.

Para pemain-pemain muda seperti Evan Dimas, Maldini Pali, Ravi Murdianto, Ilham Udin Armaiyn mendadak seperti selebritas karena mendapat apresiasi besar dari masyarakat. Popularitas para pemain yang meroket ini, menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Mental para pemain tak siap, sehingga tak lagi fokus dalam sepakbola.

PSSI dan Indra Sjafri mencoba mencegahnya dengan meminta secara tegas kepada para pemain tidak terjerumus ke dalam dunia showbiz, yang bisa mengalihkan perhatian mereka dari sepakbola. Alasannya, para pemain belia itu masih harus bekerja keras untuk mengasah kemampuan agar menjadi pesepakbola andal di masa depan.

Para pemain yang terlena dengan popularitas, dikhawatirkan menjadi cepat puas dan mulai melakukan kebiasaan buruk. Seperti lari dari pemusatan latihan untuk bersenang-senang di klub malam, atau mangkir karena lebih mementingkan syuting iklan. Ujung-ujungnya performa mereka anjlok, dan tidak bisa memberikan kontribusi maksimal untuk tim.

Mungkin kekhawatiran itu yang berputar di benak Indra Sjafri saat akan menggelar pemusatan latihan, sehingga dia mulai memberi peringatan dini, kepada para pemainnya, bahwa ia akan mendepak pemain yang ‘bertingkah’.

“Saya setuju-setuju saja ya, dengan peraturan yang diberikan pelatih Indra. Sanksi itu (pencoretan) diberikan tergantung bagaimana sikap pemain dalam berlatih,” jelas, Maldini Pali, pemain sayap Timnas U-19.



Muchlis Hadi Ning sependapat dengan Maldini. Sikap tegas pelatih Indra Sjafri, menurut striker asal Mojokerto ini, penting agar para pemain tidak macam-macam.

“Saya setuju ya dengan sanksi yang diberikan pelatih Indra apabila pemain bertingkah langsung dicoret. Sanksi itu dapat membuat tim bermain lebih bagus dan para pemain gak neko-neko lagi,” ujarnya.

Tentang pemusatan latihan yang akan dimulai beberapa hari mendatang di Batu Malang, pemain yang menyumbangkan dua gol saat laga melawan Laos di babak kualifikasi AFC U-19 ini menyatakan bahwa Malang adalah tempat yang sangat cocok untuk berlatih.

“TC di Malang saya kira cukup bagus. Udara yang sejuk, lapangan yang memadai, selain itu juga jauh dari keramaian, jadi kami bisa tetap fokus menjalani latihan,” ujar pemain yang mengaku sudah memiliki banyak fans wanita ini.

Selanjutnya pemain depan yang sekarang duduk di kelas 3 jurusan IPS, SMA Taman Siswa Kota Mojokerto ini menyatakan bahwa dirinya sangat bersemangat untuk menjalani sesi latihan dan optimistis untuk masuk sebagai tim utama.

“Saya siap dan semangat untuk menjalani latihan di Batu nanti. Saya akan berusaha lolos masuk ke skuad utama membela timnas Indonesia U-19,” tutup pemain yang bernama lengkap Muchlis Hadi Ning Syaifulloh ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar